Wakhinuddin’s Weblog


UTS JAN – JUN 2018, mk EVALUASI DAN SUPERVISI PTK

PROGRAM MAGISTER

FT – UNP

———————————————————————————————

UJIAN TENGAH SEMESTER JAN – JUN 2018

EVALUASI DAN SUPERVISI PTK

Mata Kuliah           : Evaluasi dan Supervisi PTK

Dosen                       : Dr. Wakhinuddin S., M.Pd. dan Dr. Waskito., MT.

Peringatan             : Dilarang mencontoh (pada essay,  ukurannya kemiripan ide jawaban dan bahasa).

Kumpul                     : Senin (02 April 2018, pukul 16.00 Wib di Sekretariat Bang Dodo)

Absensi                    : Beri komentas (tag) soal di blog ini, spt: Oke Pak, Sehat Pak dll

Soal:

  1. Essay
  1. Jelaskan perbedaan Evaluasi program dan Penelitian ditinjau dari 5 aspek (minimal) dan dalam fortmat tabel
  2. Ada beberapa model Evaluasi program. Jika dianalisis lebih cermat kita akan menemukan beberapa ciri-ciri model evaluasi program tersebut.
    1. Jelaskan perbedaan model Evaluasi berbasis tujuan dengan model Transak-sional.
    2. Siapa tokoh dari ke-dua model evaluasi program tersebut?.
    3. Jelaskan outcome dari ke-dua model evaluasi program tersebut?.
  3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hasil keputusan Evaluasi program. Beri contoh apa dasar keputusan dari ke-tiga jenis keputusan tersebut.
  4. Jelaskan perbedaan Stake holder, klien, sponsor, prtisipan, dan audiens pada suatu evaluasi program, dan berikan contoh.
  5. Kita mengenal dua jenis instrumen dalam penilaian hasil belajar, yaitu jenis Performance maximum (tes) dan typical maximum (non tes). Jelaskan perbedaan kedua jenis instrumen tersebut disertai contoh dan penggunaannya.
  6. Bantu evaluator ini:

Judul 1: Evaluasi program prakerin SMK swasta ‘KAMI BISA’.

Judul 2: Evaluasi program Penerimaan siswa baru (pilih/sesuaikan dengan sekolah Sdr. Penerimaan Online atau manual).

Kerjakan:

  1. Tuliskan rumusan masalah dari ke-dua judul evaluasi program
  2. Sebutkan Stake holder, klien, sponsor, prtisipan, dan audiens dari masing-masing program
  3. Sebutkan unit analisis dari ke-2 evaluasi program
  4. Sebutkan instrumen dan jenisnya untuk mengukur masing-masing variabel dari ke-dua evaluasi program tersebut
  5. Sebutkan sumber data masing-masing variabel dari ke dua judul evaluasi program
  6. Gambarkan kerangka berpikir dari ke dua jenis evaluasi program
  1. SOAL PILIHAN GANDA

 

  1. Kecocokan antara alat ukur dengan objek ukurnya, memenuhi kriteria:
    1. reliable
    2. valid
    3. Objektif
    4. Ekonomis
  2. Hasil belajar siswa harus mencakup aspek-aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan ketrampilan (psikomotor). Khusus untuk aspek pengetahuan dalam praktik permesinan, cara yang tepat untuk mengukurnya adalah dengan menggunakan:
    1. Tes Bakat
    2. Tes objektif
    3. Wawancara
    4. Observasi
  3. Prinsip penilaian yang mencakup semua aspek siswa, memenuhi prinsip:
    1. Menyeluruh
    2. Kontiniu
    3. Objektif
    4. Mendidik
  4. Kekonsistenan hasil ukur, memenuhi kriteria:
    1. reliabel
    2. valid
    3. Objektif
    4. Ekonomis
  5. Fungsi penilaian yang mengarah kepada pengelompokan teman sebaya, memenuhi fungsi:
    1. Seleksi
    2. Penempatan
    3. Penentuan hasi belajar
    4. Perbaikan proses belajar
  6. Hasil belajar siswa harus mencakup aspek-aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan ketrampilan (psikomotor). Khusus untuk aspek sikap dalam praktik permesinan, cara yang tepat untuk mengukurnya adalah dengan menggunakan:
    1. Tes Bakat
    2. Tes objektif betul salah
    3. Tes Intelegensi
    4. Pedoman observasi dan wawancara
  7. Keteraturan pelaksanaan ujian harian (formatif), bulanan (sub sumatif), pertengahan semester, dan akhir semester (sumatif) menunjukan telah terpenuhinya prinsip penilaian:
    1. Menyeluruh
    2. Kontinyu
    3. Objektif
    4. Mendidik
  8. Portofolio adalah termasuk alat jenis ukur:
    1. Tes lisan
    2. Tes tulisan
    3. Tes keterampilan
    4. Non tes
  9. Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) merupakan bentuk penilaian yang memenuhi acuan:
    1. PAN
    2. PAP
    3. Kelompok
    4. Kelas

Hasil belajar siswa harus mencakup aspek-aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan ketrampilan (psikomotor). Khusus untuk aspek ketrampilan dalam praktik di labor/bengkel, alat penilaian yang tepat adalah dengan menggunakan:

    1. Tes unjuk kerja
    2. Tes objektif betul salah
    3. Tes Intelegensi
    4. Kuesioner dan wawancara

— oo0oo –

Iklan

7 Komentar so far
Tinggalkan komentar

ok terimakasih pakk ….

Komentar oleh Ardhita Wisria

oke pak..

Komentar oleh rizka agustia

assalamualaikum pak

Komentar oleh tofan dwi cahyo

Alhamdulillah, semoga Bapak sehat walafiat, Amin

Komentar oleh Ilham Juliwardi

baik, terimakasih pak…

Komentar oleh Baidha Azra

Terimakasih pak..

Komentar oleh Stevanni Amelia Ahmad

Baik pak

Komentar oleh Amar Akbar




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: