Untuk mendapatkan hasil penilaian yang sesuai dengan konteks program pendidikan sekolah (SMK), perhatikan komponen-komponen evaluasi program berikut:
Tabel 1.1: Penilaian Totalitas Dalam Menjaga Validitas Penelitian
Input | Aktivitas | Hasil pada tahap Formatif | Hasil pada tahap Sumatif | |
Aspek | Pendidikan untuk tenaga kerja mekanik mobil | Untuk menghasil-kan mekanik mobil | Setiap topik diharapkan siswa dapat melewati batas lulus (kompetensi minimal) | Pada akhir kelas diharap-kan siswa menguasai kompetensi mata pelajaran tersebut. |
Indikator | · Kurikulum
· Guru · Sekolah
|
Sekolah melaksana-kan program pendi-dikan keahlian mekanik otomotif, dengan asumsi melaksanakan pembelajaran ber-jalan dengan baik.
Ketercapaian pelak-sanaan kurikulum.
Instrumen: Daftar hadir siswa, Obser-vasi, Wawancara dengan guru dan staf.
Hasil: Jumlah absensi siswa, jumlah guru melak-sanakan pembe-lajaran yang baik, jumlah guru menye-lesaikan kurikulum. |
Siswa dapat tampil melak-sanakan tes/tugas sesuai topik.
Instrumen: wawancara
Hasil: Jumlah siswa lulus |
Siswa dapat tampil melaksana-kan tes/tugas.
Instrumen: tes performansi
Hasil: Jumlah siswa lulus
|
Tabel 1.1 adalah cetak biru proses penilaian (assessment) penelitian secara totalitas, tujuannya untuk menjaga validitas penelitian, yaitu dari pengaruh variabel internal dan eksternal. Disetiap komponen dilengkapi indikator, dan aktivitas penilaian terhadap proses program tetap dipantau peneliti selama melakukan penelitian.
Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar