Wakhinuddin’s Weblog


VALIDITAS PENELITIAN EVALUASI DI SEKOLAH
Desember 25, 2017, 2:54 pm
Filed under: EVALUASI PROGRAM DAN LEMBAGA, Uncategorized

Untuk mendapatkan hasil penilaian yang sesuai dengan konteks program pendidikan sekolah (SMK), perhatikan  komponen-komponen evaluasi program berikut:

Tabel 1.1: Penilaian Totalitas Dalam Menjaga Validitas Penelitian

  Input Aktivitas Hasil pada tahap Formatif Hasil pada tahap Sumatif
Aspek Pendidikan untuk tenaga kerja mekanik mobil Untuk menghasil-kan mekanik mobil Setiap topik diharapkan siswa dapat melewati batas lulus (kompetensi minimal) Pada akhir kelas diharap-kan siswa menguasai kompetensi mata pelajaran tersebut.
Indikator ·    Kurikulum

·    Guru

·    Sekolah

 

Sekolah melaksana-kan program pendi-dikan keahlian mekanik otomotif, dengan asumsi melaksanakan pembelajaran ber-jalan dengan baik.

Ketercapaian pelak-sanaan kurikulum.

 

Instrumen: Daftar hadir siswa, Obser-vasi, Wawancara dengan guru dan staf.

 

Hasil: Jumlah absensi siswa, jumlah guru melak-sanakan pembe-lajaran yang baik, jumlah guru menye-lesaikan kurikulum.

Siswa dapat tampil melak-sanakan tes/tugas sesuai topik.

 

 

 

 

 

 

Instrumen: wawancara

 

 

 

 

Hasil: Jumlah siswa lulus

Siswa dapat tampil melaksana-kan tes/tugas.

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen: tes performansi

 

 

 

 

Hasil: Jumlah siswa lulus

 

Tabel 1.1 adalah cetak biru proses penilaian (assessment) penelitian secara totalitas, tujuannya  untuk menjaga validitas penelitian, yaitu dari pengaruh variabel internal dan eksternal. Disetiap komponen dilengkapi indikator, dan aktivitas penilaian  terhadap proses program tetap dipantau peneliti selama melakukan penelitian.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan komentar