Wakhinuddin’s Weblog


Analisis keterkaitan KI dan KD
Desember 7, 2017, 3:46 pm
Filed under: Uncategorized

Analisis keterkaitan antara SKL, KI dan KD Pengetahuan dari mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor (PrakBTSPM)

Mata Pelajaran: Pemeliharaan Listrik Kelas XI TSM Presisi (mahir) (P3)

Kompetensi Inti (KI) Kompetensi Dasar (KD) Analisis KI Analisis KD Rekomendasi KD
Tingkat Dimensi Kognitif Jenis Dimensi Pengetahuan Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan bentuk Pengetahuan Ketercapaian Dimensi Kognitif dan bentuk Pengetahuan KD Mata Pelajaran
1 2 3 4 5 6 7
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 

3.1 Menelaah prinsip kerja sistem penerangan Tuntutan level kognitif  KD,3 sudah sesuai dengan KI Menganalisi

(C4)

metakognitif Sesuai HOT’S

Kemampuan berpikir tingkat tinggi

 

Analisis Kompetensi Keterampilan (KD-4) dan hubungan keselarasan (alignment) dengan KD-3 dari pasangan KD tersebut

Kompetensi Inti (KI) Kompetensi Dasar (KD) Analisis KI Analisis KD Rekomendasi KD
Bentuk Taksonomi Tingkat Taksonomi Kesetaraan Taksonomi KD-3 dg KD-4 Ketercapaian Taksonomi KD Mata Pelajaran
1 2 3 4 5 6 7
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan 4.3 Merawat berkala sistem penerangan KD 4.sudah sesuai dengan KI. 4 kongkrit Presisi (mahir) (P3) Setara/Sudah sesuai Selaras/ Sudah tercapai

Keterangan pengisian kolom sbb:

  1. Kompetensi Inti (KI-4) sesuai tingkat/kelas
  2. Kompetensi Dasar (KD-4) sesuai mata pelajaran
  3. KI pengetahuanatau KI keterampilan; kelas X, XI atau XII
  4. Abstrak atau konkrit.
  5. mengolah, menalar, menyajiatauimitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, naturalisasi
  6. Tuliskan sesuai rekomendasi KD-3 (KKO dg levelnya) yang setara untuk menunjang KD-4 pasangannya.

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan komentar