Wakhinuddin’s Weblog


Berpikir Tingkat Tinggi (HOTs)
Agustus 27, 2017, 3:43 am
Filed under: EVALUASI HASIL BELAJAR, Uncategorized

Fungsi utama pembelajaran TKR adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa pemecahan masalah, serta melihat hubungan-hubungan gejala dan penyebab. Pelaksanaan asesmen HOT (high order thinking) ditujukan untuk mengoptimalkan perkembangan kemampuan siswa untuk tiap aspek tersebut. Berikut ini akan dibahas pengertian setiap aspek, beserta contoh soal untuk mengasesnya.

HOT adalah cara berpikir tinggkat tinggi, berbeda dengan LOT (low order thinking) cara berpikir tingkat rendah.  Dari sisi Taksonomi Bloom – Kognitif, berpikir tingkat tinggi (HOT) adalah kemampuan berpikir mulai dari level 4 sampai ke level 6 dari Taksonomi Bloom. Pada tingkat analisis siswa diminta menguraikan informasi kedalam beberapa bagian, menemukan asumsi, membedakan fakta dan pendapat, dan menemukan sebab – akibat. Pada tingkat evaluasi, siswa mengevaluasi informasi, seperti bukti sejarah penddikan kejuruan di Indonesia; INS di Kayu Tanam – Sumbar, editorial Media, teori-teori, termasuk mengambil keputusan, dan kebijakkan, menilai informasi. Pada tingkat Membuat (kreasi), siswa dapat membuat sesuatu berdasarkan teori dan konsep.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan komentar