Wakhinuddin’s Weblog


E-ASSESSMENT
Agustus 22, 2017, 5:19 pm
Filed under: EVALUASI HASIL BELAJAR, Uncategorized

Dalam arti luas, e-asesmen adalah penggunaan teknologi informasi untuk kegiatan penilaian. E-asesmen mempunyai prosedur yang sama seperti pada e-learning, bahkan kebanyakan e-asesmen merupakan suplemen dari e-learning. Perbedaannya ada pada pengolahan konten.  Karena kesamaan yang jelas untuk e-learning, istilah e-asesmen sering dianggap bagian dari e-learning, namun yang jelas e-asesmen menggambarkan penggunaan komputer dalam proses penilaian siswa. E-asesmen dapat digunakan untuk menilai kemampuan kognitif, sikap dan praktek. Kemampuan kognitif dinilai dengan menggunakan perangkat lunak (software); seperti: tes Toufle, tes TPA, tes sertifikasi guru, tes SPMB – online, tes PNS  dll.

Sistem e-asesmen terdiri dari dua komponen: mesin penilaian, dan bank soal. Sebuah mesin penilaian terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menciptakan dan memberikan sekor. Kebanyakan mesin penilai beroperasi pada hardware standar saja, yang penting adalah perangkat lunaknya. Ada berbagai paket perangkat lunak, seperti PHP, Javascript dll. Perangkat lunak ini bukan bagian dari termasuk soal itu sendiri, soal disimpan pada file bank soal.

E-asesmen banyak digunakan, karena memiliki banyak keuntungan dibandingkan asesmen tradisional (pencil and paper test). Keuntungan meliputi:  biaya untuk jangka panjang lebih murah, umpan balik kepada siswa dapat langsung,  fleksibilitas lebih besar sehubungan dengan lokasi dan waktu tes, meningkatkan keandalan (mesin lebih andal dibandingkan manusia), ketidakberpihakan (mesin tidak ‘tahu’ siapa-siapa siswa peserta tes, sehingga tidak ada siswa yang diuntungkan), efisiensi penyimpanan yang lebih besar – puluhan ribu naskah soal serta jawabannya dapat disimpan pada server dibandingkan dengan ruang kamar yang diperlukan untuk naskah soal, gaya pertanyaan dapat disempurnakan sehingga ada interaktivitas. Ada juga kekurangan e-asesmen,  sistem e-asesmen mahal untuk dibuat dan tidak selalu cocok untuk setiap jenis penilaian (seperti soal uraian jawaban panjang).

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: