ANALISIS GAP
Wakhinuddin S
Analisis Gap (jarak) adalah suatu metode/alat membantu suatu lembaga membandingkan performansi actual dengan performansi potensi. Operasionalnya dapat diungkapkan dengan dua pertanyaan berikut: “Dimana kita sekarang?” dan “Dimana kita inginkan?”.
Tujuan analisis gap untuk mengidentifikasi gap antara alokasi optimis dan integrasi input, serta ketercapaian sekarang. Analisis gap membantu organisasi/lembaga dalam mengungkapkan yang mana harus diperbaiki. Proses analisis gap mencakup penetapan, dokumentasi, dan sisi positif keragaman keinginan dan kapabilitas (sekarang).
Analisis gap dapat ditinjau dari perbedaan perspektif tentang : lembaga/organisasi, arah organisasi, proses organisasi, teknologi informasi. Analisis gap dapat menjadi dasar untuk mengukur investasi waktu, uang, dan tenaga kerja yang dipakai, variabel ini dapat diukur melalui skala interval: ’baik, rata-rata, dan kurang’. Kebanyakan analisis gap ditinjau dari : gap produk dan gap kompetitif.
3 Komentar so far
Tinggalkan komentar
thanx..
lagi butuh referensi tentang analisis gap..
Oya., punya referensi dasar ttg analisi gap tidak?
klo punya kabarin yah.. kirim email yah..
thank kembali
Komentar oleh zeeara Desember 1, 2009 @ 12:07 pmiya nie, bingung analisa GAP itu gmn sih, ku sdh meneliti, ternyata jumlah jawaban yg sangat baik itu tinggi, tetapi masuk data ke analisa gap kok hasinya GAP menyatakan kualitasnya jelek, padahal kenyataannya para responden menjawab sangat baik
Komentar oleh ahmad syaukani Maret 1, 2012 @ 2:28 pmPeriksa Validitas penelitian
Komentar oleh wakhinuddin Maret 2, 2012 @ 12:53 pm