Wakhinuddin’s Weblog


FOKUS EVALUASI (Apa yang akan dinilai?)
Juni 8, 2013, 2:54 pm
Filed under: EVALUASI PROGRAM DAN LEMBAGA, MONEV

FOKUS EVELUASI
(Apa yang akan dinilai?)

Oleh
Dr. Wakhinuddin S

Batasan apa yang akan maksud dinilai. Ini tidak mudah tergantung atas bagaimana kejelasan batasan suatu program. Untuk contoh, anda berkeinginan mengevaluasi suatu program manajemen keuangan. Pikirkan tentang tujuan dan konten program. Apakah anda ingin menilai keseluruhan program atau hanya komponen utama program? Ringkasnya uraikan apa yang ingin dinilai – tujuan, hasil yang diharapkan (expected outcomes), ingin manfaat dan aktivitas. Apa yang direncanakan berkaitan antara ekstensi input dan keinginan hasil?
Usaha evaluasi seharusnya sesuai usaha program. Dalam beberapa hal, anda kemungkinan hanya berkeinginan mengungkapkan bagaimana komunitas merespon gaya mengajar, atau bagaimana kepuasan mereka dengan kejadian istimewa. Dalam hal lain, anda ingin mendokumentasikan perubahan tingkah laku atau pengaruh yang meminta lebih komprehensif dan tingkat usaha. Intinya mengikat evaluasi anda sesuai progran. Jangan berharap mengukur pengaruh dari bengkel atau perubahan perilaku dari usaha medium terbatas.
Ingat, tidak semua pekerjaan ekstensi membutuhkan evaluasi formal. Evaluasi formal membutuhkan waktu, keuangan, dan sumber daya. Kadang-kadang program kurang layak materi untuk dijamin suatu evaluasi formal, atau itu mungkin terlalu mahal untuk membuktikan kebutuhan pengaruh demonatrasi. Itu mungkin saja tidak salah ketertarikan dalam penemuan.
Kami juga membutuhkan pertimbangan mitra (clientele). Masyarakat dapat letih mengisi format isian (kuesioner) sampai ahkir sesi atau jawaban survey. Selektivitas, mempertimbangkan atau berpikir tentang apa dibutuhkan dan apa yang dibutuhkan dan apa akan digunakan.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: