Wakhinuddin’s Weblog


Komponen Asesmen Performansi (Unjuk Kerja)
April 27, 2013, 2:01 pm
Filed under: EVALUASI HASIL BELAJAR, Pendidikan Kejuruan, UJIAN

Komponen Asesmen Performansi (Unjuk Kerja)
Wakhinuddin

Ada beberapa komponen yang harus terdapat pada suatu lembaran asesmen unjuk kerja, yaitu :
1. Nama tugas, yaitu kata kerja operasional indikator pada silabus TKR pada lihat SKKNI (level mekanik/teknisi) atau OPKR
2. Skala penilaian, yaitu skala pengukuran (rating scale) ada 4 skala atau 5 skala
3. Dimensi adalah bagian-bagian dari nama tugas
4. Degradasi rubrik adalah level kualitas ketercapaian pekerjaan sesuai dengan kriteria pekerjaan tersebut.
Letak dari masing-masing komponen tersebut dapat dilihat pada gambar berikut ini.

NAMA TUGAS: ………………………………………………………………..

Level 1 Level 2 Level 3 Level 4 Level 5
Dimensi 1 Tidak kompoten Kurang kompoten Cukup kompoten Kompoten
tinggi Kompoten sangat tinggi
Dimensi 2
Dimensi 3
Dimensi lainnya

Gambar 1: Komponen asesmen unjuk kerja
Secara hirarki suatu asesmen unjuk kerja dapat dipetakan sebagai berikut. Pertama sekali penentuan pensekoran; ada dua ragam, yaitu centang (checklist) dan skala penilaian (rating scale). Ragam centang hanya memberi tanda centang (√) pada tempat (ruang) yang disediakan khusus tempatnya, kekurangan ragam ini ada pada pengolahan data, ragam ini hanya dapat diolah dengan statistik deskriptif saja, seperti frekuensi, persentase, jumlah, dan modus. Berbeda dengan ragam skala penilaian, ragam ini menyediakan opsi yang mempunyai kualitas (graduasi) penilaian, seperti: skala 1 s/d 3, 1 s/d 4, 1 s/d 5, atau seterusnya tergantung banyak kriteria yang dimiliki dimensi tersebut.
Selanjutnya pembuatan rubrik, rubrik adalah kriteria membuat penilaian, rubrik berbentuk frasa yang berisikan kriteria dari dimensi yang dinilai, semakin lengkap kriteria yang terpenuhi siswa (testi), semakin baik pula nilai yang didapatnya. Rubrik pada asesemen unjuk kerja ada 2 (dua) jenis yaitu rubrik holistik dan rubrik analitik. Rubrik holistik menilai kerja siswa secara keseluruhan, dan rubrik analitik menilaian siswa secara komponensial.


5 Komentar so far
Tinggalkan komentar

maaf pak Wahid.. mo nanya, untuk menguji validitas dan reabilitas instumen unjuk kerja tsb. gimana?

Komentar oleh azmil

Validitas melalui validator. Validator konten, validator metodologi, dan validator praktisi (pemakai).
Reliabilitas pake KR saja.

Komentar oleh wakhinuddin

terima kasih pak, mo konfirm lagi ni pak, Val. konten & Val. metodologi melalaui expert, sementara validitas praktisi melalui para rater (penilai). Benar begitu pak?

Komentar oleh taurusboy100579

terima kasih pak, mo konfirm lagi pak, val. konten dan val. metodologi melalui expert dan val praktisi melalui pada rater, benar begitu pak?

Komentar oleh 100579

Validitas konten kpd pakar,
Validitas empirik melalui pemakai, utk analisis dapat gunakan analisis faktor (spss).

Komentar oleh wakhinuddin




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: