Wakhinuddin’s Weblog


TEORI PEMILIHAN KERJA (Suatu Tinjauan Teori Kebutuhan)
Januari 17, 2013, 1:10 pm
Filed under: Pendidikan Kejuruan | Tag:

TEORI PEMILIHAN KERJA

(Suatu Tinjauan Teori Kebutuhan)

oleh

Wakhinuddin S

PPs UNP Padang

—————————————————————————————————–

 

Bila teori Psikoanalitis menjelaskan pemilihan kerja berdasarkan mekanisme individu (defense mechanism), teori kebutuhan menaruh perhatian pada hasrat (desires) dan keinginan (wants) yang mendorong seseorang untuk memilih suatu pekerjaan. Teori Kebutuhan pertama kali dikembangkan oleh Roe (1957) yang dimulai dari pengamatan terhadap pengalaman psikologis seseorang dalam keluarga, kemudian menelusuri dampak pengalaman ini terhadap pembentukan kebutuhan dan pola energi fisik seseorang.

Pengalaman dapat menimbulkan kepuasan atau ketidakpuasan pada diri seseorang. Keadaan ini selanjutnya akan menentukan perkembangan kemampuan, minat, sikap atau sifat-sifat lainnya. Kebutuhan yang terpenuhi secara rutin, ternyata kecil saja pengaruhnya terhadap faktor-faktor yang menentukan tingkah laku kerja, tetapi kebutuhan yang memberikan kepuasan secara langsung akan mempengaruhi preferensi seseorang terhadap pekerjaan, baik yang berhubungan dengan benda atau makhluk hidup.

Teori Kebutuhan yang dikembangkan oleh Roe, hirarki kebutuhan yang dikembangkan oleh Maslow di mana kebutuhan seseorang merupakan suatu hirarki dari yang paling rendah sampai pada kebutuhan yang lebih tinggi. Kebutuhan yang lebih tinggi akan muncul bila kebutuhan yang lebih rendah telah terpenuhi. Pada masyarakat moderen, kebutuhan terendah seperti  sandang, pangan, dan papan pada umumnya telah dapat dipenuhi. Sehingga masalah yang paling dominan adalah bagaimana memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi, yaitu kebutuhan untuk dihargai, diterima di lingkungan, dicintai/mencintai, dan dapat sepenuhnya mengaktualisasikan diri. Teori ini memang tidak mengkaitkan suatu hirarki kebutuhan dengan jenis pekerjaan tertentu, tetapi lebih banyak melihat bagaimana suatu pekerjaan dapat memuaskan seseorang sampai pada tingkatan tertentu.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: