Wakhinuddin’s Weblog


Teori Karir (Pendekatan Psikologis)
Desember 11, 2012, 2:02 pm
Filed under: Pendidikan, Pendidikan Kejuruan

 Teori Karir

(Pendekatan Psikologis)

Wakhinuddin S

Prodi Magister PTK FT UNP

Berbeda dengan teori non psikologis yang bertolak dari anggapan bahwa pemilihan kerja ditentukan oleh faktor-faktor dari luar individu, teori psikologis bertolak dari bahasan tentang faktor-faktor dari dalam diri seseorang. Setiap orang diasumsikan mempunyai kebebasan yang sama dalam memilih pekerjaan, bila memiliki kemampuan untuk mengendalikan masa depan. Hal ini mengandung makna bahwa pemilihan kerja merupakan persaingan terbuka dan fair sehingga dapat direncanakan sebelumnya. Keberhasilan pemilihan kerja ditentukan oleh usaha memfungsikan potensi individu, sedangkan lingkungan hanya mempengaruhi secara tidak langsung. Ada beberapa teori pemilihan kerja yang termasuk ke dalam kelompok teori psikologis, seperti teori sifat dan faktor, dan teori psiko dinamis.

a.      Teori Sifat dan Faktor

Teori sifat dan faktor mendasarkan analisisnya pada hubungan antara karakteristik seseorang dengan pilihan yang  diambil. Setiap individu memiliki perbedaan-perbedaan baik berupa perbedaan bakat, minat, atau kepribadian. Sedangkan di sisi lain, setiap pekerjaan juga memiliki perbedaan karakteristik dan tuntutannya. Dengan demikian, individu yang berbeda akan memilih pekerjaan yang berbeda pula. Dalam kaitannya dengan perbedaan-perbedaan ini sekurang-kurangnya terdapat 3 langkah yang harus ­dilalui seseorang dalam memilih pekerjaan.

Pertama, memahami bakat, kemampuan, minat, ambisi, modal dan keterbatasan-keterbatasan yang ada pada dirinya.

Kedua, menguasai pengetahuan tentang tuntutan dan kondisi yang menentukan kesuksesan, keuntungan/kerugian, kompensasi, kesempatan, dan masa depan pekerjaan.

Ketiga, menilai kesesuaian antara kemampuan dan disposisi yang dimiliki seseorang terhadap tuntutan pekerjaan. Seseorang harus yakin benar bahwa pekerjaan yang akan dipilih memang sesuai dengan kemampuan dan keinginannya. Bila terdapat kesesuaian antara kedua hal ini, maka pekerjaan itulah yang harus dipilih.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: