Wakhinuddin’s Weblog


Menyesuaikan Metode Pembelajaran Merrill dan Materi Ajar dengan Jenis Asesmen
April 14, 2012, 7:45 am
Filed under: EVALUASI HASIL BELAJAR

ABSTRAK
by
wakhinuddin

Tulisan ini bertujuan membahas jenis penilaian yang sesuai dengan metode pembelajaran Merril dan materi ajar. Setiap pedekatan pembelajaran mempunyai metode tertentu dalam usaha pencapaian hasil belajar. Pembelajaran Merrill termasuk aliran kognitivisme yang dikembangkan dari pembelajaran Gagne. Pada pembelajaran Merrill ada dua dimensi pembelajaran, yaitu: dimensi isi dan dimensi unjuk kerja. Pada kurikulum KTSP (Spektrum) disarankan menggunakan pembelajaran Merrill dalam mengajar. Karena itu perlu disesuaikan antara pembelajaran Merrill dan materi ajar dengan jenis penilaian (asesmen). Pada pembelajaran Merrill terdiri atas dua dimensi yaitu dimensi isi, mencakup : komponen fakta, konsep, prinsip, dan prosedur; dan dimensi unjuk kerja mencakup : mengingat, menggunakan dan menemukan. Sejauhmana siswa telah menguasai materi ajar pada komponen-komponen pembelajaran tersebut dapat diukur dan dinilai secara akurat melalui jenis penilaian yang sesuai antara materi ajar pada komponen dari dimensi isi dan unjuk kerja.
Kata kunci: Pembelajaran Merrill, Dimensi unjuk kerja, dimensi isi, materi ajar, jenis asesmen.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: