Wakhinuddin’s Weblog


Monev
Februari 29, 2012, 8:16 am
Filed under: Uncategorized

MONEV

Monitoring dan evaluasi, dua kata yang akrab dengan kegiatan program (proyek). Pendekatan berkaitan dengan manfaat monitoring, dimana outputs dari suatu monitoring program berkaiatan langsung dengan input hingga post-evaluasi. Aspek lain berkaitan dengan monitoring dengan evaluasi adalah aspek input, biaya, dan output yang diharapkan.

Pengertian (UNDP:1997a) “monitoring dan evaluasi berbeda tetapi dekat, artinya merupakan kegiatan yang kontinum. Monitoring  pada tahap proses, sedangkan eveluasi pada tahap proyek/program telah berakhr. Monitoring hanya memotret, berbeda dengan evaluasi telah memberi penafsiran data atau informasi yang bersifat evaluatif.

Keduanya sama-sama penting dan saling mendukung. Monitoring dapat menyempurnakan data kualitatif dan kuatitatif dengan menseleksi indikator, data input pada monitoring merupakan data untuk manuver pada evaluasi. Evaluasi juga mendukung monitoring, melayani sebagai sumber pelajaran yang dapat diterapkan dalam pengembangan konseptual atau inovasi metodologi untuk digunakan melacak fungsi monitoring; sesuai dengan indikator suatu proyek.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: