Wakhinuddin’s Weblog


Tujuan Khusus (penelitian)
Oktober 24, 2011, 1:34 pm
Filed under: PENELITIAN

Tujuan Khusus
Penelitian ini dilandasi oleh keinginan untuk memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan asesmen yang dihadapi dosen-dosen teknik otomotif di FT UNP. Keinginan ini direalisasikan dengan merancang perangkat asesmen berbasis kelas untuk pembelajaran sistem pemindah tenaga di jurusan Teknik otomotif UNP. Secara lebih spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimpementasikan perangkat asesmen berbasis kelas yang valid, praktikal dan efektif. Istilah valid, praktikal dan efektif yang digunakan mengacu pada kriteria yang dikemukakan oleh Guskey (1999, 2000), Kirkpatrick (1987) dan Nieveen (1997, 1999).
Dalam penelitian ini cakupan ketiga kriteria tersebut dibatasi sebagai berikut:
• Perangkat asesmen berbasis kelas dikatakan valid atau mencerminkan “state of the art knowledge” jika perangkat tersebut oleh pakar pendidikan teknik otomotif dan pakar evaluasi dinyatakan layak digunakan untuk mengukur pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, dan koneksi mahasiswa.
• Praktikal mengacu pada kondisi di mana dosen dan mahasiswa dapat menggunakan perangkat asesmen berbasis kelas sesuai dengan kriteria yang diharapkan.
• Perangkat asesmen berbasis kelas dikatakan efektif jika dapat meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, dan koneksi mahasiswa. Di samping itu, hasil asesmen dengan menggunakan perangkat ini dapat digunakan oleh dosen-dosen teknik otomotif untuk mendeskripsikan profil hasil belajar mahasiswa secara otentik dan komprehensif.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: