Wakhinuddin’s Weblog


BEBERAPA ALASAN PEMAKAIAN PENILAIAN UNJUK KERJA
Oktober 13, 2010, 8:42 am
Filed under: EVALUASI HASIL BELAJAR

BEBERAPA ALASAN PEMAKAIAN PENILAIAN UNJUK KERJA

Wakhinuddin S

Dalam usaha memberi justifikasi terhadap Penilaian unjuk kerja (performance) ma¬ka harus ada alasan kenapa memakai penilaian unjuk kerja, yaitu:
1. Ketidakpuasan dengan tes respon-seleksi. Pendukung penilaian unjuk kerja cenderung Percaya bahwa tes pilihan ganda dan pilihan binary (benar-salah) hanya berkisar pada. menyebut pengenalan (recognition), pengujian itu tidak menyediakan keterampilan berpikir tinggi seperti apakah siswa dapat memecahkan masalah, sintesis atau berpikir bebas. Bahkan tes respon-seleksi memiliki bias ketidakadilan tes dari domain isi.
2. Pengaruh psikologi kognitif. Psikologi kognitif Percaya bahwa siswa mesti Mendapatkan isi Pengetahuan dan prosedur pengetahuan. Psikolog beralasan bahwa semua tugas kognitif menuntut kedua jenis pengetahuan, tetapi untuk jenis tugas tertentu, ada perbedaan penekanan pada kedua jenis pengetahuan. Karena jenis utama prosedur pengetahuan tidak dapat disatukan via tes respon-seleksi beberapa psikolog kognitif Menyebut untuk meningkatkan kualitas penggunaan penilaian unjuk kerja dalam pendidikan, hendaklah pembelajaran menekankan siswa mahir mengurai prosedur pengetahuan.
3. Suatu saat pembelajaran sukar menggunakan tes konvensional. Pada tes Pendidikan, guru cenderung menekankan isi pembelajaran diwujudkan dalam tes. Namun, pada Pembelajaran yang didominasi keterampilan, skor siswa naik meskipun menguasaan mereka atas tanah keterampilan dan pengetahuan diungkapkan bukan dengan tes.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: