Wakhinuddin’s Weblog


PEMBAHASAN STRATEGI MENGAHADAPI UJIAN NASIONAL DI MTsN MODEL PADANG TAHUN 2008
Maret 23, 2010, 7:54 am
Filed under: EVALUASI PROGRAM DAN LEMBAGA, PASCASARJANA, Pendidikan, PENELITIAN

PEMBAHASAN : STRATEGI MENGAHADAPI UJIAN NASIONAL DI MTsN MODEL PADANG TAHUN 2008

Hasil analisis data menunjukkan bahwa Strategi Menghadapi Ujian Nasional di MTsN Model Padang Tahun 2008 berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan data yang penulis dapatkan. Data tersebut tentunya berkaitan dengan strategi yang sudah dilaksanakan oleh program.

1. Persiapan Strategi Mengahadapi Ujian Nasional di MTsN Model Padang Tahun 2008
MTsN Model Padang sudah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap untuk menjalankan sebuah program yang sudah direncanakan. Mengingat ditetapkannya sebuah Program Strategi Menghadapi Ujian Nasional di MTsN Model Padang Tahun 2008, maka dibentuklah susunan kepanitiaan untuk menjalankan program. Sumber danapun sudah jelas asalnya. Adapun mengenai sosialisasi dilakukan terhadap guru-guru yang mengajar di kelas IX MTsN Model Padang, namun siswa kelas IX sebagai sasaran program tidak diikutkan dalam sosialisasi itu.

2. Pelaksanaan Program Strategi Mengahadapi Ujian Nasional di MTsN Model Padang Tahun 2008
Adapun latar belakang pendidikan guru-guru yang mengajar di kelas IX MTsN Model Padang paling rendah sudah berijazah S1. Sebagian besar juga sudah mengikuti pelatihan/penataran, sebagaimana terlampir (Lihat lampiran 6). Pengetahuan dasar keguruan juga dinilai sudah baik, dari jumlah responden (guru) 36 orang: sebanyak 21 orang atau 58.33% menyatakan baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru kelas IX yang mengajar di MTsN Model Padang Tahun 2008 mempunyai pengetahuan dasar keguruan yang baik, sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, tentunya ini juga berdampak terhadap keberhasilan siswa dalam menghadapi ujian nasional di MTsN Model tahun 2008.
Peran KKG di MTsN Model Padang dinilai sangat baik, dari jumlah responden (guru) 36 orang: sebanyak 11 orang atau 30.56% dinyatakan partisipasinya baik, dan sebanyak 22 orang atau 61.11% partisipasinya sangat baik. Hal ini berarti peran KKG terhadap siswa MTsN Model Padang tahun 2008 memberikan pengaruh yang positif bagi siswa dalam menghadapi ujian nasional.
Materi yang diajarkan pada kelas IX semester II diselesaikan pada waktu yang telah ditentukan, jauh sebelum ujian nasional dilaksanakan, yaitu pada bulan februari. Berdasarkan data yang diperoleh dari jumlah responden (guru) 36 orang: sebanyak 17 orang atau 47.22% menggunakan waktu efisien, sebanyak 16 orang responden atau 44.45% menggunakan waktu dengan sangat efisien. Dengan demikian pelaksanaan materi dapat dilaksanakan pada batas waktu yang ditentukan, sehingga waktu sisa menjelang ujian nasional dapat digunakan untuk mengulang materi yang sudah dilalui serta memantapkannya. Namun lamanya penyampaian materi yang dilaksanakan dari pagi hingga sore membuat siswa jenuh dan menurunnya motivasi belajar. Aktivitas dan kebutuhan siswa bukan belajar saja, tapi masih ada faktor lain yang harus dipenuhi siswa dalam menghadapi ujian nasional.
Adapun tahapan bimbingan yang diberikan kepada siswa ada 4 tahapan, diantaranya: tahap bimbingan I, tahap bimbingan II, tahap bimbingan III dan tahap pemantapan. Berdasarkan data yang diperoleh dari jumlah responden (siswa) 60 orang: sebanyak 56 orang atau 93.33% menyatakan program bimbingan berjalan dengan baik. Dengan demikian program bimbingan dapat membantu siswa dalam menempuh ujian nasional.
Berdasarkan data dari dokumentasi hasil try out siswa, maka pelaksanaan program bimbingan dapat meningkatkan nilai try out siswa. Bagi siswa yang nilainya jauh dari standar kelulusan, dengan program bimbingan yang diberikan dapat mendekati nilai standar kelulusanya. Hal ini dapat juga dilihat dari hasil ujian nasional, diperoleh hanya 1 orang yang tidak lulus.
Berdasarkan data mengenai penanggung jawab rombel yang diperoleh dari jumlah responden (guru) 36 orang: sebanyak 13 orang atau 36.11% menyatakan penanggung jawab rombel bernilai baik, sebanyak 20 orang atau 55.56% menyatakan penanggung jawab rombel bernilai sangat baik. Dengan adanya penanggung jawab setiap rombel berjalan dengan baik, berarti setiap guru dapat memberikan perhatian terhadap masing-masing siswa. Hal ini memberikan keringanan bagi siswa yang mempunyai kendala dalam menghadapi ujian nasional. Sehingga siswa mendapat perhatian dari guru dan sangat membantunya dalam menghadapi ujian nasional.

3. Out Put Program Strategi Mengahadapi Ujian Nasional di MTsN Model Padang Tahun 2008
Berdasarkan data mengenai out dari pelaksanaan program sebanyak 426 siswa yang mengikuti ujian nasional, hanya 1 orang yang tidak lulus atau lulus 99,77%. Hal ini berarti program memberikan kemudahan bagi siswa untuk mengikuti ujian nasional. Sehingga siswa dengan mudah bisa mencapai tingkat standar kelulusan yang telah ditetapkan. (Rzq/pep/ppsunp/2009)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: