Wakhinuddin’s Weblog


Pengaruh Jumlah Option dan Motivasi Berprestas Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 1 Batang Anai
Maret 13, 2010, 6:20 am
Filed under: EVALUASI HASIL BELAJAR, PASCASARJANA, PENELITIAN

Pengaruh Jumlah Option dan Motivasi Berprestas Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 1 Batang Anai. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengaruh jumlah option dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas VIII di SLTPN 1 Batang Anai. Responden penelitian adalah 60 orang siswa yang diambil secara acak dari keseleruhan siswa kelas VIII SLTPN 1 Batang Anai. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa angket model skala Likert yang telah diujicobakan sebelumnya untuk mengukur motivasi belajar siswa, dan tes tertulis berupa tes objektif untuk mengukur hasil belajar fisika siswa.
Penelitian ini menggunakan metode statistik kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) hasil belajar siswa yang diberi tes objektif pilihan ganda lima option dan empat option memiliki perbedaan yang signifikan, (2) terdapat interaksi antara jumlah option tes dengan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, (3) hasil belajar siswa kelompok motivasi berprestasi tinggi yang diberi tes objektif pilihan ganda lima option dan empat option memiliki perbedaan yang signifikan, (4) hasil belajar siswa kelompok motivasi berprestasi rendah yang diberi tes objektif pilihan ganda lima option dan empat option memiliki perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penggunaan tes objektif pilihan ganda lima option lebih baik jika dibandingkan tes pilihan ganda empat option, karena dengan penggunaan tes objektif pilihan ganda lima option siswa akan lebih termotivasi untuk belajar, sehingga bisa memperoleh hasil belajar yang memuaskan. (Rina).


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: