Wakhinuddin’s Weblog


UAS PARADIGMA PENELITAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
Februari 4, 2010, 9:13 am
Filed under: PASCASARJANA, Pendidikan

UJIAN AKHIR SEMESTER JULI – DESEMBER 2009
PARADIGMA PENELITAN DAN
EVALUASI PENDIDIKAN

PPS UNP
PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
Dosen: Dr. Fahmi Rizal, MPd
Dr. Wakhinuddin S., MPd.

—————————————————————————————————-

Penjelasan:
1. Jawab soal berikut sesuai pertanyaan,
2. Take home, paling lambat kumpul hari Senin, jam 12.00 sama Didik, Wakhinuddin, Fahmi Rizal
3. Jawaban soal nomor 1-6 dibuat dalam lembar yang tersendiri (Maksimum 4 halaman folio); dan jawaban soal nomor 7-8 dibuat dalam lembar yang tersendiri pula (Maksimum 4 halaman folio).
4. Tulis pernyataan ini diakhir jawaban: Dengan ini saya menyatakan, bahwa soal ini saya kerjakan sendiri, tanpa mencontek dari teman.
5. Jawaban soal dipisahkan jadi dua bagian antara nomor 1 sampai 5 satu bagian lembaran jawaban dan 6 sampai 7 satu bagian pula.

Soal:
1. Apa yang dimaksud dengan FGD?
2. Sebutkan komponen utama pelaksanaan FGD, dan uraikan fungsinya?
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan transkrip dalam proses FGD. Kenapa selain membuat transkrip, kita juga harus merekam audio/visual, beri alasan!
4. a. Uraikan fungsi dan jenis evaluasi kurikulum?
b. Pilih salah satu Pendekatan dan uraikan cara pengembangan kriteria evaluasi kurikulum?
5. a. Jelaskan perbedaan pokok antara penilaian tes tertulis dan penilaian portofolio!
b. Jelaskan langkah-langkah perencanaan portofolio?
c. Pilih salah satu cara penilaian yang dipakai pada portofolio, beri contoh dan jelaskan kenapa pensekoran dan pembobotannya demikian?
6. a. Jelaskan pokok pikiran yang mendasari perlunya penyetaraan tes!
b. Kemukakan bagaimana kategorisasi penyetaraan tes!
c. Ceritakan prosedur ringkas penyetaraan tes!
7. a. Cresswell dan Clark menyatakan mixed research method sebagai the new approach, ungkapkan argumen filosofis yang mendasari pemikiran mereka!
b. Gambarkan teknik/desain penggabungan dan analisis data kuantitatif dan
kualitatif yang paling unggul, lalu jelaskan letak keunggulannya
c. Tulis sebuah judul penelitian gabungan dan tentukan mana desain yang paling
cocok, apakah triangulation, embedded, exploratory atau explanatory.
Kemukakan alasannya!

Selamat bekerja


2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Dlm soal ujian perlu dibuat butir yang mengungkapkan pemahaman mhs tentang teori tes modern.

Komentar oleh fr

yo

Komentar oleh wakhinuddin




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: