Wakhinuddin’s Weblog


MENGAPA SESEORANG BEKERJA ?
November 30, 2009, 2:53 am
Filed under: MANAJEMEN, Pendidikan Kejuruan

MENGAPA SESEORANG BEKERJA ?

Wakhinuddin S

Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang perlu mempunyai pekerjaan. Alasan itu dapat diklasifikasikan atas alasan ekonomi, sosial, dan kepuasan pribadi. Untuk menjawab pertanyaan mengapa seseorang bekerja, dapat dikemukakan alasan-alasan berikut:

 Untuk kehidupan (livelihood)
Alasan utama bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar yang penting untuk kehidupannya berupa makanan, pakaian dan tempat berlindung.
 Hubungan kemanusiaan (Human Relationships)
Pada dasarnya seseorang menyenangi kebersamaan dan suka bergaul dengan orang lain. Seseorang akan mencari kebersamaan dengan orang lain yang berminat sama. Dengan bekerja berarti ia berhubungan dengan orang lain yang mempunyai minat sama.
 Perkembangan Pribadi
(personal development). Bekerja memungkinkan seseorang mengembangkan diri lebih lanjut. Mengembangkan keterampilan baru dalam kehidupan. Bekerja memungkinkan seseorang mencapai potensi penuh.
 Pelayanan (service)
Pelayanan dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang dilakukan seseorang yang berarti atau berguna bagi orang lain. Seseorang senang menciptakan produk (benda) yang baru, membuat produk yang berkualitas, menyiapkan pelayanan yang berguna, dan secara umum menyumbang untuk masyarakat dan tanah airnya.
 Rasa aman (Security)
Pekerjaan yang mantap dengan penghasilan yang tetap akan membawa kepuasan dan kemantapan terhadap kehidupan seseorang, yang menghilangkan kekuartirannya terhadap masa depan yang tidak menentu. Tidak semua “aspek keamanan sesuatu karir” berbentuk utang atau imbalan. Jaminan lain seperti asuransi, program pensiun, dan cuti harus dipertimbangkan juga.
 Keberhasilan (success). Semua anak muda yang berambisi berminat mempertahankan kerja pertama yang diperolehnya yang memungkinkan ia bekerja terus. Para pemimpin perusahaan memilih mempekerjakan orang-orang yang menyenangi tantangan dan yang ingin berhasil dalam kehidupannya.

Paling tidak ada tiga hal di atas, yang harus saudara jadikan sebagai motif untuk bekerja. Ini dapat menjadi konsep diri saudara dalam menghadapi kehidupan ini.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: