Wakhinuddin’s Weblog


ANALISIS FAKTOR
Agustus 5, 2009, 6:36 am
Filed under: PASCASARJANA, PENELITIAN, PENGUKURAN (MEASUREMENT)

ANALISIS FAKTOR

Oleh Wakhinuddin S

Analisis faktor adalah suatu analisis variabel ganda yang bertujuan menjelaskan beberapa variabel yang tidak dapat diukur secara langsung dan dalam bentuk beberapa faktor. Analisa faktor dikembangkan berbasis pada teori faktor (ubahan tersebut), atau masih dalam khasana teoretis, dan untuk membuktikan secara empirik, instrument tersebut diberikan dan diujikan pada sebagian sampel penelitian. Analisis faktor, untuk menentukan apakah secara empiris faktor tersebut bagian dari ubahan (variabel), atau apakah butir tersebut mengukur indikator (faktor) yang telah ditetapkan (dalam kontek ekplanasi bukan eksplorasi).Analisis faktor masuk dalam klasifikasi validitas konstuk.
Analisis faktor diperkenalkan oleh Francis Galton dan Charles Spearmean dalam bidang psikologi yaitu dalam mengukur inteligensi (Chatfiedld,1980). Inteligensi seseorang dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu yang tidak dapat diukur secara langsung. Nilai dari faktor-faktor tersebut tercermin dari variabel lain yang terukur langsung.
Dengan analisis faktor dapat diketahui variabel mana yang mewakili
faktor-faktor yang ada. Dalam analisis faktor terdapat dua model faktor
yaitu model faktor ortogonal dan model faktor non ortogonal (oblique). Perbedaan kedua model terletak pada asumsi korelasi antarfaktor. Pada model faktor ortogonal, asumsi bahwa faktor yang dihasilkan tidak saling berkorelasi harus dipenuhi, sedangkan pada model faktor nonortogonal asumsi tidak diperlukan (Kim, 1978).
Variabel (ubahan) acak yang tidak terukur disebut faktor bersama (common factor) ditambah ‘p’ sumber keragaman yang disebut faktor unik. Faktor unik merupakan penjumlahan dari faktor spesifik dan galat. Untuk model faktor oblique, asumsi yang mendasari adalah : F (m x 1) dan c (p x 1) saling bebas, cov (F, s) = 0; Faktor spesifik tidak saling berkorelasi, E (s) = 0; Cov (s) = W; Faktor bersama saling berkorelasi, Cov (F) = 0. Fak-tor bersama adalah faktor yang keragam¬annya menyebar pada beberapa, butir pemyataan (pertanyaan). Faktor unik adalah faktor yang keragamannya berada pada satu butir pemyataan saja.
Analisis faktor utama (principal component) adalah salah satu me¬tode ekstraksi yang dipakai pada analisis faktor. Analisis faktor utama (AFU) digunakan untuk mengekstraksi faktor-faktor sehingga kontribusi keragaman faktor-faktor tersebut terhadap keragaman total dapat maksimal Penggunaan AFU dimulai dari pendugaan komunalitas, yaitu melalui pro¬ses iterasi. Iterasi pertama dilakukan terhadap matriks korelasi R, yaitu mengurangkan nilai matriks korelasi R dengan nilai matriks penduga komunalitas. Proses iterasi dilakukan sampai selisih antara nilai komunalitas metriks yang baru lebih kecil atau sama dengan nilai tereduksi dalam mendapatkan penduga bobot faktor. Ekstraksi faktor bersama, dila¬kukan sampai jumlah kumulatif akar ciri terbesar lebih besar atau sama dengan total komunalitas.
Menurut Dillon dan Goldstein (1984) cara menginterpretasikan fak¬tor yang ada dari analisis faktor adalah sebagai berikut : idenfiftmikan variabel yang memiliki bobot mutlak terbesar pada beberapa faktor, ten¬tukan variabel yang nyata dalam faktor dengan ketentuan nilai bobot yang dianggap nyata > 0,30 untuk ukuran sampel 0,60 dan yang tidak nyata 0,50, dan matriks korelasi sisaan relatif kecil. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang membentuk variabel penelitian dengan metode analisis faktor varimax, dan meli¬hat hubungan antarfaktor tersebut.
Dengan adanya software untuk analisis faktor dijual di pasaran, menggunakan analisis faktor lebih praktis dibandingkan KR (Alpha Cronbach); yang dicari secara manual atau bantuan Excel, analisis faktor merupakan bagian dari menu yang ada pada: SPSS, Minitab, SAS, dan Sutrisno Hadi (alm).


2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

saya lagi menyusun disertasi ttg analisis konfigurasi pelayanan ekonomi sosial di Kalimantan Timur, mohon kesedian bpk membantu
krena alat analisis yg saya gunakan matriks skalogram dan analisis faktor

Komentar oleh rahcmad budi

Boleh pak Rachmad, kita kerjasama saja. Cuma saya ingin tahu, apakah penelitian bapak bersifat explanation atau exploration. Kalau dapat bapak kirimkan proposal penellitian bapak ke email wakhid_nuddin@yahoo.com.
Okay, semoga kerjasama kita berlanjut.

Komentar oleh wakhinuddin




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: