Wakhinuddin’s Weblog


Strategi Pembelajaran
Juli 10, 2009, 10:21 am
Filed under: PASCASARJANA, Pendidikan

Strategi Pembelajaran
oleh Wakhinuddin S

Dalam setiap proses pembelajaran, strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pelajarannya, sehingga akan memudahkan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Terkait dengan hakikat strategi pembelajaran tersebut, ada beberapa pendapat para ahli yang menjelaskan tentang strategi pembelajaran, antara lain yaitu:
1. Kazma dalam Gafar (1989), secara umum menjelaskan bahwa strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran.
2. Gerlach dan Ely (1980 ), menjelaskan bahwa strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi dalam lingkungan pembelajaran tertentu, yang meliputi: lingkup, urutan kegiatan dan sifatnya yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik.
3. Dick and Carey (1990), menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang atau digunakan oleh pendidik dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Dimana menurut mereka strategi bukan hanya terbatas prosedur atau tahapan kegiatan belajar, melainkan juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran.
4. Gropper dalam wiryawan Noorhadi (1990), mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Dari beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada hakikatnya strategi pembelajaran adalah suatu rencana untuk mencapai tujuan, yang terdiri dari metode, teknik dan prosedur yang mampu menjamin peserta didik untuk benar-benar akan dapat mencapai tujuan akhir suatu pembelajaran yang diikutinya.

Terkait dengan pengertian dari beberapa ahli tersebut di atas, hal pokok yang paling utama adalah bagaimana kita sebagai pendidik maupun pengajar pada suatu lembaga pendidikan mampu dan dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat, sehingga mampu menciptakan suatu iklim belajar yang lebih baik sesuai dengan yang diharapkan.

Pemilihan strategi pembelajaran pada dasarnya merupakan salah satu hal penting yang perlu dipahami oleh seorang pendidik atau pengajar dimanapun ia melakukan suatu proses pembelajaran, yang didasari pada 3 (tiga) hal pokok, yaitu: (1) Rumusan tujuan pembelajaran, (2) Analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, (3) Jenis dan lingkup materi yang akan dikomunikasikan.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: