Wakhinuddin’s Weblog


PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PTK

PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PTK

TEORI
Portofolio adalah koleksi berharga dan berguna berisikan pekerjaan siswa yang menceritakan atau menerangkan sejarah prestasi atau pertumbuhan siswa. Sharp (2006:1) menambahkan, bahwa portofolio umumnya suatu fakta bahwa siswa mengumpulkan, menseleksi dan merefleksi penilaiannya. Pada penelitian ini portofolio adalah hasil karya mahasiswa dalam bentuk busana.
Portofolio kelas banyak kegunaannya, diantaranya: dokumentasi perkembangan, catatan tampilan, alat untuk evaluasi diri dan refleksi, acuan profesi masa depan, dan pengalaman latihan. Kegunaan lain disebut sebagai ‘passportfolio’, yang mengindikasikan bahwa portofolio digunakan untuk sertifikasi kompetensi untuk naik ke tingkat lanjut (melanjut). Pada contoh ini portofolio digunakan dalam dua kategori utama, yaitu penilaian dan pembelajaran. Karena itu portofolio harus menunjukan koleksi pekerjaan terbaik siswa atau usaha terbaiknya, dan dokumen-dokumen yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan ke arah penguasaan hasil belajar yang diidentifikasi (Siregar, 2003:140).
Portofolio mesti konsisten dengan kurikulum, karena itu, portofolio pada penelitian ini dikembangkan dari tujuan dan target pembelajaran yang ada pada kurikulum Tata busana dan dilakukan secara konsisten (Nitko, 1996:279). Perencanaan pelaksanaan portofolio dan isinya memperhatikan, 1) tujuan kurikulum dan tujuan pembelajaran, 2) standar dan kriteria yang digunakan untuk evaluasi, 3) cara pelaksanaan dan penggunaan portofolio konsisten dengan nilai-nilai aktivitas pengajaran.
Kegunaan utama portofolio adalah evaluasi, yang dapat dinilai oleh tim pengajar, profesor, siswa atau orang atau kelompok terakreditasi. Dalam hal ini ada dua hal penting pada portofolio, yaitu perkembangan (progress) siswa dan pertumbuhan (growth) siswa. Portofolio dijalankan dengan metode pembelajaran. Dalam penelitian ini portofolio disandingkan dengan metode pembelajaran khusus (training model), yaitu pemberian tugas latihan secara berulang-ulang.

PELAKSAAAN PADA PENELITIAN
Proses penilaian portofolio dimulai dengan selektif,refleksif dan kolaboratif. Proses penilaian pada siklus 1, latihan 1 pada penelitian ini dimulai dengan proses: (1) selektif, yaitu: pengamatan metode kerja pada proses menggambar desain, pengamatan produk setelah tugas latihan 1; (2) refleksif, yaitu pemberian umpan balik tentang kelemahan-kelemahan yang ditemukan pada proses dan produk gambar tiap mahasiswa, diberikan nilai hasil belajar; (3) kolaboratif, yaitu peneliti diskusi dengan mahasiswa dan dengan dosen tim pengajar busana daerah tentang hasil yang didapat dari penerapan pengembangan ini , metode, waktu serta kelemahan-kelemahan yang ditemukan dalam proses. Selanjutnya dilakukan latihan 2 pada siklus 1, dan demikian selanjutnya sampai siklus 3 berakhir.
Penilaian portofolio dilakukan berbarengan dengan pelaksanaan metode training model. Pada setiap siklusnya penilaian metode kerja dilakukan saat maha-siswa membuat tugas latihan 1 proses menggambar desain fashion illustration, latihan 2 proses menggambar desain ragam hias, latihan 3 proses menyusun presentation drawing portofolio. Sedangkan penilaian kebaruan dan estetis produk dilakukan setelah akhir latihan 1, akhir latihan 2 dan akhir latihan 3 (yaitu hasil produknya).
Penilaian hasil belajar dengan penerapan metode pembelajaran training model dan penilaian portofolio pada siklus 1 dilakukan setelah tugas presentation drawing portofolio pada latihan 1,2,3 selesai, yaitu diakhir siklus 1 dan pada tahap proses refleksi dari pengembangan penelitian ini. Pada tahap ini peneliti memberikan umpan balik pada mahasiswa tentang hasil pelaksanaan siklus 1. Selanjutnya pelaksanaan siklus 2 akan dipengaruhi oleh hasil refleksi siklus 1, demikian juga pelaksanaan siklus 3 dipengaruhi oleh siklus 2.

NOTE:
Tulisan ini potong-potongan dari suatu penelitian Action reserach, harap maklum ini semata karena space yang terbatas. Lebih lengkap hubungi saya atau beri komentar. Thank U.


5 Komentar so far
Tinggalkan komentar

maaf bapak… saya mahasiswa yang akan melakukan sebuah penelitian.. saya tertarik untuk melakukan penelitian dengan tema sistem penilaian fortopolio jadi saya ingin minta bantuan bapak untuk dapat memberikan bantuan informasi2 yang berguna bagi saya sekitar informasi mengenai sistem panilaian fotropolio ini… saya banyak berharap bapak dapat membantu saya, dan mengirimkan informasi itu ke e-mail saya. terimakasih

Komentar oleh Arba

Boleh, ayooo, buatlah proposalnya.
Bab I, secara umum ajukan pertanyaan: Ada apa dengan sistem penilaian di kelas/sekolah saudara? Cari dulu fakta pendukung umpamanya…., jatuhnya nilai siswa/mhsiswa disebabkan oleh apa? tentu karena sistem penilaian yang tidak terwakili semua, untuk itu perlu penilaian portofolio. Okay,…Arba…, selamat mecoba… (saya tunggu hasilnya dalam minggu ini)

Komentar oleh wakhinuddin

hellow pak by the way aq mau tnya neh..apakah saham-saham blue chip bisa di uji untuk mengukur kinerja portofolio?karena saya tahu kalo saham blue chip itu ada di LQ45.tapi saya khusus menguji blue chipnya saja. bisa ngak kira-kira pak?jawabanya kirim ke email saya ya pak terima kasih

Komentar oleh henri

pak, sy mahasiswa s1, mw penelitian ttg upaya pemberian umpan balik evaluasi portofolio konsep sistem eerak pada manusia. mohon bantuannya.

Komentar oleh marwiyah

Bagus, Saudara mhs FIK…
teruskan…., yg penting: cari teori umpan balik dan dan teori gerak dasar saja.

Komentar oleh wakhinuddin




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: