Wakhinuddin’s Weblog


DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN TRAINING MODEL DAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS
Februari 24, 2009, 7:15 am
Filed under: Pendidikan

DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN TRAINING MODEL DAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA (Suatu Penelitian Memadupadankan Metode Action Research dengan Penilaian Portofolio)

Oleh: Wakhinuddin S[1]

Abstrak: Kurangnya kemampuan dan kreativitas mahasiswa dalam menuangkan ide dan konsep desain ke dalam gambar desain, kurangnya berlatih menciptakan desain dan membuat tugas, diduga menyebabkan rendah nilai hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Busana daerah, padahal ini matakuliah inti. Rumusan masalah penelitian: Apakah kreativitas mahasiswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran training model dan penilaian portofolio dalam pembuatan desain  busana daerah modifikasi. Penelitian bertujuan: untuk  mengungkapkan metode pembelajaran training model dan penilain portofolio dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. Pengembangan ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan 3 siklus. Penelitian dilaksanakan di jurusan KK FT UNP. Pengambilan subjek penelitian menggunakan random sederhana, didapat 15 mahasiswi. Data dianalisis dengan cara kualitatif dan statistik. Instrumen digunakan: pedoman observasi, wawancara, dan tes, Hasil Penelitian, kreativitas dan rata-rata hasil belajar mahasiswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran training model dan portofolio. Pada setiap siklus terdapat peningkatan kreativitas mahasiswa.

 Kata kunci: Peningkatan, kreativitas, modifikasi, busana daerah, siklus.

 

Note:

Penelitian ini memadupadankan metode penelitian ACTION RESEARCH dengan Penilaian PORTOFOLIO. File lebih lengkap hubungi : wakhid_nuddin@yahoo.com

 Ucapan terimakasih:

Pada kesempatan ini peneliti kami menyampaikan terimakasih kepada pimpinan Depdiknas, khususnya kepada pimpinan Direktorat ketenagaan, Direktorat jenderal pendidikan tinggi dengan surat perjanjian pelaksanaan PPKP nomor: 69/d4.3/k/2008 tanggal 29 Februari 2008, yang telah membiayai penelitian ini.


[1] Wakhinuddin S adalah dosen PPs dan FT UNP Padang

 


9 Komentar so far
Tinggalkan komentar

model pembelajaran training di buat model seperti apa? mohon informasi lebih lengkap. TQ

Komentar oleh Lilis

Pada prinsipnya model pembelajaran training model masuk dalam kelompok behavourisme, kita kenal akrab conditioning. Dalam konteks ini, yang dikondisikan mahasiswa dengan pemberian tugas, baik di kelas (terstruktur) maupun di rumah (non-struktur), dari hasil manipulasi didapat ada kenaikan kreativitas mahasiswa dalam mengerjakan tugas, juga dapat meningkatkan hasil belajar.
Okay, Lilis

Komentar oleh wakhinuddin

pak wahid, saya zulfa mahasiswa s2 bapak saya penasaran dengan paduan metoda yang Bapak lakukan boleh saya mendapatkan filenya ?
terima kasih

Komentar oleh zulfawardi

Boleh…, datanglah ke Pasca…., telpon dulu….yaaa.

Komentar oleh wakhinuddin

pak,, mau tanya yang enar itu pak wakhinudin atau yuliarma?
karna ini saya buka di jurnal namanya yuliarma pengarangnya.

Komentar oleh dardiri

Yuliarma Ketua Peneliti, sy timnya… sama2 meneliti. Nama Yuliarma aja ambil sbg referensi

Komentar oleh wakhinuddin




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: