Wakhinuddin’s Weblog


Lesson Plan
Oktober 7, 2008, 3:58 am
Filed under: Pendidikan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN

(Contoh Berbasis KTSP)

  Mata pelajaran               : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester             : VII / 2

Pertemuan Ke                : I

Alokasi Waktu                : 2 x  40 menit

Standar Kompetensi     : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer

Kompetensi Dasar        : 3.1 Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer

Indikator                          : – Menggambar diagram komputer

                                           – Mendeskripsikan fungsi dasar perangkat keras komputer

    – Mendemonstrasikan cara kerja perangkat keras

 

 

 

I.         Tujuan Pembelajaran      :

      – Siswa mampu menggambar diagram komputer

      – Siswa mampu menterjemahkan gambar komputer

      – Siswa mampu menunjukkan perangkat keras komputer

      – Siswa mampu mendeskripsikan fungsi dasar perangkat keras komputer

      – Siswa mampu mempraktikan cara kerja perangkat keras komputer

 

 

II.       Materi Ajar (Materi Pokok)        :

     – Diagram komputer yang mencakup Input, Proses, Output

     – Perangkat keras komputer, seperti keyboard, mouse, CPU, monitor, media, printer

      – Unjuk kerja siswa menggunakan perangkat keras komputer

 

 

III.      Metode Pembelajaran    :

       – Tanya Jawab

       – Kerja kelompok

       – Diskusi

       – Demonstrasi

 

 

IV.         Langkah-langkah Pembelajaran        :

 

A. Kegiatan Awal

Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)

 

 

 

 

         B. Kegiatan Inti

               – Guru mengemukakan berbagai informasi dan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran hari ini

               – Siswa menyimak berbagai pertanyaan yang diajukan oleh guru

               – Siswa mengajukan berbagai pertanyaan kepada guru

               – Masing-masing siswa menggambar diagram komputer dan mendiskusikannya

               – Secara berkelompok, membandingkan antara diagram komputer dengan perangkat keras komputer

               – Secara berkelompok, siswa mendiskusikan fungsi dan cara kerja perangkat keras komputer

   – Masing-masing mempraktikkan cara kerja perangkat keras komputer.

   – Guru berkeliling mengamati cara kerja siswa, dan membantu siswa yang belum lancar.

   – Bagi siswa yang sudah mahir, dapat membantu temannya.

               – Guru memberikan masalah pada tiap kelompok untuk ddidiskusikan dan dicari solusinya.

               – Secara berkelompok, siswa menyelesaikan berbagai permasalahan mengenai perangkat keras komputer yang diberikan oleh guru

        

         C. Kegiatan Penutup

– Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa    secara keseluruhan,dsb) yang dipelajari hari itu

– Siswa diberi waktu untuk menanggapi baik secara lisan maupun tulisan

               – Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran

              

 

V.                             Alat dan Sumber Belajar                        : – Komputer

                                                                                      – Buku panduan

                                                                                      – Alat tulis

 

 

 

VI.                           Penilaian                                      :

 

1)     Penilaian Tes Tertulis/Lisan

 

Diagram komputer

Kriteria

 

Kebenaran Konsep

Kelengkapan Diagram

Kerapihan

Total

Bobot

50%

40%

10%

100%

 

 

Fungsi Perangkat Keras Komputer

Kriteria

 

CPU

Keyboard

Mouse

Monitor

CD ROM

Printer

……

Bobot

…..

……

……

……

…..

……

……

 

 

2)     Penilaian Unjuk Kerja

 

Diskusi

Kriteria

 

Keberanian berpendapat

Kebenaran pernyataan

Kesopanan

Total

Bobot

40%

40%

20%

100%

 

 

 

Demonstrasi Menggunakan Perangkat Keras Komputer

Kriteria

 

Ketelitian menggunakan alat

Keberanian mencoba

Ketekunan

Total

Bobot

40%

30%

30%

100%

 

 

Penyelesaian Masalah

Kriteria

 

Memahami masalah

Menganalisis masalah

Memberi alternatif

menyelesaikan masalah

…..

Bobot

25%

25%

25%

25%

 

…..

 

 

 

 

 


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: