Wakhinuddin’s Weblog


UJI PERSYARATAN ANALISIS
Oktober 14, 2011, 4:38 pm
Filed under: PENELITIAN

UJI PERSYARATAN ANALISIS
(Untuk Korelasional)
by Wakhinuddin S

Karena dalam penelitian ini digunakan analisis regresi, terdapat asumsi yang dipersyaratkan yang perlu dipenuhi terlebih dahulu. Andy Field (2005: 170), Draper (1966:144), dan Santoso (2001:203) menyatakan bahwa syarat penggunaan analisis regresi adalah menguji asumsi-asumsi yaitu : (1) asumsi multikolinieritas; (2) asumsi Homosedastisitas; (3) asumsi normalitas; dan (4) asumsi linieritas. Persyaratan tersebut dijelaskan berikut ini :
a. Uji Multikolinieritas, untuk menguji apakah di dalam model regresi yang digunakan ditemukan adanya korelasi yang sempurna antara variabel dependen dan independen atau tidak. Persyaratan besaran VIF (Variance Inflation Factor) yang bebas dari persoalan multikolinieritas adalah <10 dan Toleransi yang bebas multikolinieritas adalah <0.5. Hasil uji multikolinieritas dapat dilihat pada tabel 7 berikut ini :
Tabel 7. Hasil Uji Multikolinieritas
Coefficients(a)

Model Collinearity Statistics
Tolerance VIF
1 (Constant)
persepsi .418 2.392
bim_bk .418 2.392
a Dependent Variable: minat

b. Uji homosedastisitas, untuk menguji apakah varians dari residual tidak berubah dengan berubahnya satu atau lebih variabel bebas. Jika terdapat bentuk pola tertentu pada scatterplot, maka terjadi homosedastisitas. Jika tidak ada pola yang jelas, serta titik-titik menyebar di atas dan di bawah angka 0 (nol) pada sumbu Y, maka terjadi heterosedastisitas. Hasil uji homosedastisitas dapat dilihat pada grafik 3. berikut ini :

Grafik 3. Hasil Uji Homosedastisitas
SCATTERPLOT

c. Uji Normalitas, bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi, variabel terikat dan variabel bebas mempunyai distribusi normal. Model regresi yang baik adalah distribusi data normal atau mendekati normal. Deteksi normalitas adalah dengan melihat penyebaran data (titik) pada sumbu diagonal dari grafik, jika data menyebar di sekitar garis diagonal dan mengikuti arah garis diagonal maka model regresi memenuhi asumsi normalitas. Jika data menyebar jauh dari garis diagonal dan atau tidak mengikuti arah garis diagonal maka model regresi tidak memenuhi asumsi normalitas. Hasil uji normalitas dapat dilihat pada grafik 4 berikut ini :
Grafik 4. Hasil Uji Normalitas
Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual

d. Uji Linieritas, untuk mengetahui apakah antara variabel X1 dan Y atau antara X2 dan Y memiliki hubungan yang linier. Dalam penelitian ini, uji linieritas dilakukan dengan melihat grafik Scatter Plot antar variabel. Hasil uji linieritas dapat dilihat pada grafik 5 dan 6 berikut ini :
Grafik 5. Hasil Uji Linieritas antara variabel X1 dan Y

Grafik 6. Hasil Uji Linieritas antara variabel X2 dan Y

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: