Wakhinuddin’s Weblog


Silabus Evaluasi Pengajaran
September 28, 2011, 8:22 am
Filed under: EVALUASI HASIL BELAJAR

Silabus Evaluasi Pengajaran

1. Mata Kuliah / Kode : Evaluasi Pengajaran /FTE 106
Bobot : 2 SKS
Semester : 4
Jurusan : All
Dosen Penanggung Jawab/Kode/HP: Dr. Wakhinuddin S, M.Pd/5512/08159544229rs. P

2. Manfaat Mata kuliah
Mata kuliah ini diberikan untuk : memberi landasan pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada mahasiswa untuk pembentukan dan pembinaan logika berpikir dalam mendesain, melaksanakan, dan melaporkan hasil belajar mahasiswa sehingga memiliki kompetensi dan sikap sebagai pendidik Sekolah Menengah Kejuruan/Umum.

3. Standar Kompetensi
Penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam penilaian hasil belajar siswa yang berhubungan dengan mendesain, melaksanakan, melaporkan, menafsirkan, dan memanfaatkan hasil belajar siswa untuk kepentingan pendidikan secara luas.

IV. GBPP
No Kompetensi Dasar Materi Pokok/Uraian Materi Pokok Waktu Sumber
1 2 3 4 5
1 Kemampuan untuk memahami tentang pengertian dan tujuan penilaian hasil belajar. Pengertian dan Tujuan Penilaian Hasil Belajar.
1. Pengukuran
2. Penilaian
3. Tes
4. Evaluasi
5. Tujuan Penilaian Hasil Belajar 1/16 A s/d D
2 Kemampuan untuk menjelaskan prinsip-prinsip dan pendekatan dalam penilaian hasil belajar Prinsip-prinsip dan pendekatan dalam penilaian Hasil Belajar
1. Prinsip umum Penilaian
2. Prinsip penilaian dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi .
3. Pendekatan dalam Penilaian 1/16 A s/d D
F, G, dan H
3 Kemampuan untuk menganalisis sasaran penilaian hasil belajar Sasaran Penilaian Hasil Belajar
1. Kognitif (Bloom, 1956, dan Edisi Revisi Anderson dan Krothwall, 2001)
2. Afektif
3. Psikomotor 1/16 A s/d D
F, G, dan L
4 Kemampuan merencanakan penilaian hasil belajar Perencanaan penilaian Hasil Belajar
1. Langkah-langkah perencanaannya
2. Pembuatan Kisi-kisi 1/16 A s/d D, dan F
5 Kemampuan membuat dan menggunakan instrument penilaian hasil belajar Metode, Teknik, dan Instrumen Penilaian Hasil Belajar.
1. Tes
2. Non Tes
3. Asesmen Berbasis Kelas
4. Asesmen Kinerja
5. Asesmen Portofolio 3/16 A s/d F
6 Mid Semester (UTS) 1/16
7 Kemampuan untuk mengindentifikasi Standar Penilaian Hasil Belajar Standar (Kriteria) Penilaian Hasil Belajar
1. Validitas Tes
2. Reliabilitas Tes
3. Obyektifitas, Praktis, dan Ekonomis 1/16 A s/d F
8 Kemampuan membuat penilaian berbasis KTSP Penilaian KTSP
1. KKM
2. SKL
3. Unjuk Kerja (Performance)
4. Penugasan (Proyek/Project)
5. Hasil kerja (Produk/Product)
6. Tertulis (Paper & Pen)
7. Portofolio (Portfolio)
8. Sikap
9. Evaluasi Diri (Self Assessment) 2/16
8 Kemampuan menganalisis Instrumen penilaian Hasil belajar Analisis Instrunmen Tes
1. Indeks Kesukaran
2. Daya Beda
3. Keberfungsian Disktraktor 1/16 A s/d F
9 Kemampuan mengolah hasil belajar Pengolahan Hasil Belajar
1. Menskor dan Menilai
2. Mengolah Nilai
3. Mencari Nilai Akhir 2/16 A s/d D
Dan F
10 Kemampuan Mengevaluasi Hasil penilaian dan membuat Laporan Hasil Penilaian Evaluasi dan Laporan Hasil Penilaian
1. Pengayaan dan Remedial
2. Pelaporan Hasil Penilaian
3. Manfaat Pelaporan Hasil Penilaian 1/16 A dan G
11 UAS Ujian Semester 1/16

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: