Wakhinuddin’s Weblog


UTILISASI
Oktober 26, 2009, 2:59 am
Filed under: Pendidikan Kejuruan

UTILISASI
Wakhinuddin
Utilisasi berasal dari kata utilization yang berarti pemanfaatan dan penggunaan. Kemudian yang dimaksud dengan utilisasi dalam penelitian ini adalah pemanfaatan peralatan dalam kegiatan praktikum. Salah satu cara untuk melihat apakah lembaga tersebut masih mungkin atau tidaka lagi untuk ditingkatkan daya tampungnya, maka hal ini dapat dilihat dari jumlah pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada pada lembaga tersebut atau sering disebut dengan utilisasi fasilitas.
Lalu apa yang dimaksud dengan utilisasi dalam sebuah lembaga pendidikan. Banyak orang mengartikan utilisasi hanya jumlah jam dalam pemanfaatan alat, dibanding dengan jumlah pemanfaatan yang direncanakan. Artinya apabila alat yang dirancanakan untuk pemenfaatan 100 jam/semester dan kenyataanya 50 jam/semester maka utilisasi adalah:
= 0.50 atau 50 %
Ini membicarakan gambaran keseluruhan, angka ini tidak berbicara tentang :
1. Banyak siswa yang memanfaatkan alat tersebut.
2. Kegiatan belajar apa yang dilakukan.
3. Apakah waktu 50 jam semata – mata untuk praktek.
4. Apakah waktu praktikum 50 jam sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
Selanjutnya penyebab rendahnya utilisasi adalah :
1. Berkurang / bertambahnya jurusan yang dibuka.
2. Kesukaran mengatur jam praktek dan teori dimana satu mata pelajaran dengan yang lainya berbeda.
Menurut Davies (1980) faktor utilisasi adalah perbandingan antara aktifitas (actifity) dengan kapasitas ruangan (capability). Jadi utilitas peralatan pada lembaga pendidikan berarti seberapa besar pemanfaatan alat untuk kegiatan belajar mengajar. Lebih tegasnya utilisasi alat berarti perbandingan seberapa besar alat telah dipergunakan / dimanfaatkan dibanding dengan daya tampungnya.
Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya dalam menentukan satuan waktu yang dipergunakan. Menurut F. Barrow (1983) (Barrow adalah Tenaga ahli Bank Dunia tahun 80\-an untuk proyek Pendidikan Kejuruan di Indonesia) dalam buletinya mengemukakan bahwa utulisasi fasilitas tergantung pada 3 hal :
– Periode / jumlah jam pemakaian peralatan perminggu.
– Jumlah siswa yang menggunakan fasilitas perminggu.
– Jenis kegiatan yang berlangsung.
Dalam hubungan diatas, bila dalam seminggu fasilitas dirancanakan 40 periode, kenyataan 27 periode maka dinyatakan utilisasinya 27 / 40 = 0.65 atau 65%. Agar dapat dikatakan suatu ruangan telah dimanfaatkan secara (full utilized), maka ruangan itu harus dipergunakan sesuai dengan kapasitas dan fungsinya.
Utilisasi ruangan dan peralatan didalamnya hanyalah sebagian dari utilisasi sumber belajar. Secara garis besar ada 4 faktor yang dapat dilihat dan dihitung yaitu ruangan, peralatan, guru, dan siswa. Dengan demikian, agar sumber belajar dapa termanfaatkan dengan baik maka pemanfaatan peralatan dan ruangnany juga harus dioptimalkan terlebih dahulu.

About these ads

2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

saya berusaha mencari kata utilisasi dalam kamus besar bahasa indonesia…tapi maaf sebelumnya, saya tidak menemukan kata tersebut..mohon klarifikasinya..terima kasih..

Komentar oleh viktor suryan

Itu kata serapan Bos.
Itu konsep.

Komentar oleh wakhinuddin




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: