Wakhinuddin’s Weblog


PELAKSANAAN PRAKERIN SMK
Agustus 7, 2009, 2:09 am
Filed under: Pendidikan, Pendidikan Kejuruan

PELAKSANAAN PRAKERIN SMK

Oleh Wakhinuddin S

a) Kesesuaian penempatan dengan bidang studi siswa
Pelaksanaan Prakerin di DU/Dl dilaksanakan dalam bentuk kegiatan praktek sebagai pendalaman materi keahlian yang telah dipelajari di sekolah. Pembelajaran praktek dilaksanakan dalam keadaan kerja yang sebenarnya dan dilengkapi fasilitas peralatan dan sumber belajar yang ada di DU/DI. Siswa belajar pada kondisi nyata dunia kerja, di mana siswa mendapatkan lingkungan belajar yang berbeda dengan lingkungan sekolah siswa berada di DU/Dl mengalami proses pembelajaran yang berbeda dengan pembelajaran di sekolah. jika siswa berada di DU/Dl, siswa mendapatkan pengalaman serta keterampilan yang tidak diperoleh di sekolah. Hal ini disebabkan oleh karena lingkungan belajar yang berbeda antara sekolah dengan DU/DI. Lingkungan yang ada di DU/DI merupakan kondisi sosial pada lingkungan kerja, dan bukan kondisi lingkungan belajar. Sehingga perlu penyesuaian bagi siswa dalam bersikap dan menampilkan kemampuan diri sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang siap pakai.

b) Kesesuaian materi pelajaran dengan tugas prakerin

c) Monitoring oleh pembimbing
Selama siswa melaksanakan Prakerin di DU/Dl, pihak sekolah melakukan pengawasan atau monitoring terhadap siswa satu kali seminggu. Kegiatan monitoring bertujuan untuk melihat kemajuan belajar siswa, baik dari segi sikap maupun keterampilan. Kegiatan monitoring dilaksanakan oleh guru pembimbing sekolah yang dipercayakan oleh panitia Prakerin sebagai pelaksana monitoring siswa.
Monitoring yang dilaksanakan oleh guru yaitu meliputi, monitoring kompetensi yang dilaksanakan siswa di DU/DI, kemajuan belajar siswa, kehadiran, dan kendala-kendala yang ditemui di lapangan selama pelaksanaan Prakerin. Monitoring kompetensi dilakukan untuk melihat kesesuaian materi atau bimbingan yang diberikan oleh pihak DU/DI terhadap siswa dengan pembelajaran yang diperoleh siswa di sekolah. Sedangkan monitoring kemajuan belajar siswa dilakukan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa di DU/DI dan mengetahui kemampuan yang telah diperolehi siswa selama di DU/DI. Monitoring kehadiran ditujukan bagi sikap siswa, termasuk kedisiplinan, sikap kerja selama Prakerin. Monitoring tentang kendala-kendala ditujukan untuk menerima masukan-masukan dari pihak DU/DI terhadap permasalahan siswa atau kendala yang ditemui pihak DU/DI selama pelaksanaan Prakerin.

d) Penjemputan siswa
Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik simpulan bahwa Indikator pelaksanaan praktek kerja industri adalah: 1) Aspek perencanaan meliputi a) pemetaan industri, b) sosialisasi dana, c) pembekalan siswa, d) penempatan siswa, 2) Aspek pelaksanaan meliputi a) kesesuaian penempatan dengan bidang studi siswa, b) kesesuaian materi pelajaran dengan materi prakerin, c) monitoring oleh pembimbing, dan d) penjemputan.

About these ads

2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

mekanisme prakerin dari tahun ketahun semua sekolah smk hampir sama dan berdasarkan pengalaman yang saya alami selaku panitia prakerin, permasalahan tersebut sudah dapat diatasi secara bertahap berdasarkan pengalaman dan proses yang terjadi setiap tahunnya.oh. ya….. klu boleh saya mau tanya kira-kira materi psikologis apa ya………yang diberikan untuk calon peserta prakerin agar mental mereka mumpuni. karena mereka awalnya banyak yang kaget saat berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan du/di dan sekitarnya.trims sebelumnya ditunggu ya…………

Komentar oleh ripai

Oya…memang mirip2 pelaksanaan prakerin, ada yang pakai realease block mingguan atau bulanan.
Sebaiknya sebelum siswa ke industri, kita lakukan pembekalan. Materi : Kondisi dan karakter di industri, motivasi berprestasi, pembuatan laporan.
Gitu Pai..

Komentar oleh wakhinuddin




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: