Wakhinuddin’s Weblog


Evaluasi Pengajaran
Maret 19, 2009, 10:09 am
Filed under: EVALUASI HASIL BELAJAR, Pendidikan, Uncategorized

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

1. Mata Kuliah / Kode                                : Evaluasi Pengajaran /FTE 106

 

 

 

Bobot                                              : 2 SKS

Semester                                        : 4

Jurusan                                           : All

Dosen Penanggung Jawab/Kode       : Dr. Wakhinuddin S, M.Pd/5512Drs. P

 

2. Manfaat Mata kuliah

Mata kuliah ini diberikan untuk : memberi landasan pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada mahasiswa untuk pembentukan dan pembinaan logika berpikir dalam mendesain, melaksanakan, dan melaporkan hasil belajar mahasiswa sehingga memiliki kompetensi dan sikap sebagai pendidik Sekolah Menengah Kejuruan/Umum.

 

3. Standar Kompetensi

Penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam penilaian hasil belajar siswa yang berhubungan dengan mendesain, melaksanakan, melaporkan, menafsirkan, dan memanfaatkan hasil belajar siswa untuk kepentingan pendidikan secara luas.

Utra

IV.  GBPP

      No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Uraian Materi Pokok

Waktu

Sumber

1

2

3

4

5

1

Kemampuan untuk memahami tentang pengertian dan tujuan penilaian hasil belajar.

Pengertian dan Tujuan Penilaian Hasil Belajar.

1.   Pengukuran

2.   Penilaian

3.   Tes

4.   Evaluasi

5.   Tujuan PenilaianPenilaian Hasil  Belajar

1/16

A s/d D

2

Kemampuan untuk menjelaskan prinsip-prinsip dan pendekatan  dalam penilaian hasil belajar 

Prinsip-prinsip dan pendekatan dalam penilaian  Hasil Belajar

1.   Prinsip umum Penilaian

2.   Prinsip penilaian dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi .

3.   Pendekatan dalam Penilaian

1/16

A s/d D

F, G, dan H

3

Kemampuan untuk menganalisis sasaran penilaian hasil belajar

Sasaran Penilaian Hasil Belajar

1.   Kognitif (Bloom, 1956, dan Edisi Revisi Anderson dan Krathwall, 2001)

2.    Afektif

3.   Psikomotor

1/16

A s/d D

F, G, dan L

4

Kemampuan merencanakan  penilaian hasil belajar

Perencanaan enilaian Hasil Belajar

1.   Langkah-langkah perencanaannya

2.   Pembuatan Kisi-kisi

1/16

A s/d D, dan F

5

Kemampuan membuat dan menggunakan instrument penilaian hasil belajar

Metode, Teknik, dan Instrumen Penilaian Hasil Belajar.

1.   Tes

2.   Non Tes

3.   Asesmen Berbasis Kelas

4.   Asesmen Kinerja

5.   Asesmen Portofolio

3/16

A s/d  F

6

 

Mid Semester

1/16

 

7

Kemampuan untuk mengindentifikasi Standar Penilaian Hasil Belajar

Standar (Kriteria) Penilaian Hasil Belajar

1.   Validitas Tes

2.   Reliabilitas Tes

3.   Obyektifitas, Praktis, dan Ekonomis

1/16

A s/d  F

8

Kemampuan membuat penilaian berbasis KTSP

Penilaian KTSP

1.      KKM

2.      SKL

3.      Unjuk Kerja (Performance)

4.       Penugasan (Proyek/Project)

5.       Hasil kerja (Produk/Product)

6.       Tertulis (Paper & Pen)

7.       Portofolio (Portfolio)

8.       Sikap

9.       Diri (Self Assessment)

2/16

 

8

Kemampuan menganalisis Instrumen penilaian Hasil belajar

Analisis  Instrunmen Tes

1.   Indeks Kesukaran

2.   Daya Beda

3.   Keberfungsian Disktraktor

4. Pengenalan Rasch

1/16

A s/d F

9

Kemampuan mengolah hasil belajar

Pengolahan Hasil Belajar

1.      Menskor dan Menilai

2.      Mengolah Nilai

3.      Mencari Nilai Akhir

2/16

A s/d D

Dan F

10

Kemampuan Mengevaluasi Hasil penilaian dan  membuat Laporan Hasil Penilaian

Evaluasi dan Laporan Hasil Penilaian

1.   Pengayaan dan Remedial

2.   Pelaporan Hasil Penilaian

3.   Manfaat Pelaporan Hasil Penilaian  

1/16

A dan G

11

UAS

Ujian Semester

1/16

 

 

V.           Komposisi Nilai Akhir (NA) terdiri dari :

1.      Ujian Tengah (Mid) Semester (UTS)

2.      Ujian Akhir Semester  (UAS)

3.      Tugas (T)

4.      Kehadiran (K)

 

                  NA = 3UTS+3UAS+3T+1K

                                          10

VI.              Buku Sumber

Kode

Pengarang, Judul Buku, dan Penerbit

A

Ari Kunto, Suharsimi, (1978). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta,PT Bina Aksara 

B

Budiman, Dasim. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Portopolio. Bandung:PT. Ganesindo.

C

Depdiknas (2004) Pedoman Penilaian Kelas. Jakarta Depdiknas.

D

Depdiknas (200 ) KTSP. www.depdiknas

E

Ioesmani,.(1988). Pengukuran dan Evaluasi Dalam Pengajaran. Jakarta Depdiknas.

F

Mehrens, Wiliam A and Irvin J. Lehmamn.(1984). Measurement and Evaluation in Education and Psychology, New York, Holtd and Rinehart.

G

Nitko, Anthony J. (1996) Educational Assessment of Students. New Yersey: Prentice Hall, Englewood Cliff.

H

Popham, W. James (1995) Classroom Assessment. Boston: Allyn and Bacon.

I

Purwanto, M. Ngalim (1985). Prinsip-Prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung,

Cv Remaja Karya.

J

Surapranata, Sumarna. (2004). Analisis, Validitas, Reabilitas, dan Interprestasi  Hasil Tes Jakarta; PT. Remaja Rosdakarya.

K

Sanjaja,, Wina. (2006) Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Perdana Media Grup.

L

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya.

M

Sukmara, Dian. (2005). Implementasi Program Lifeskill  Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Jalur Sekolah. Bandung: Mughni Sejahtera.

N

Yuhaelawati, Ella. (2004) Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya

 

                        Disahkan :                                                   Padang, __________________

                        Ketua Jurusan,                                            Dosen Pengampu,

 

 

                        ____________                                             Dr. Wakhinuddin S, M.Pd.

 

 

About these ads

5 Komentar so far
Tinggalkan komentar

perlu di sosialisasikan pada guru pelosok

Komentar oleh solichudin

Baik …. Mas Solihin

Komentar oleh wakhinuddin

When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added I get several emails with the same comment.
Is there any way you can remove me from that service?
Cheers!

Komentar oleh good info

Gak bisa Amsar, bukunya dlm hard copy, bukan soft copy.
Beli di toko buku (Gramedia) di Banda atau di Medan ada.

Komentar oleh wakhinuddin

BUku ttg pengukuran dan evaluasi dengan teori modern masih langkah.
Ada cara:
1. Pergi perpustakaan Pasca UNJ atau UNY
2. Buka dan cari website by Google, dgn kata kunci Rasch Model

Okay

Komentar oleh wakhinuddin




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: