Wakhinuddin’s Weblog


Evaluasi Diri Menggunakan Analisis SWOT
Juli 31, 2008, 4:34 am
Filed under: Uncategorized

Evaluasi Diri Menggunakan Analisis SWOT

(SIAPA SAYA?)

PENGANTAR

Analisis ini merupakan Evaluasi diri, sejauh mana kelebihan dan kekurangan kita dalam mempersiapkan, memasuki dan mengembangkan karir….

Dari hasil SWOT ini, dapat dilanjutkan dengan membuat Rencana Strategis pribadi Anda…

 

 

 

 

Positif

Negatif

Saya

(Internal)

Kekuatan Anda

 

Apa saya sudah siap?

 

Apa :

Pendidikan….

Keahlian …..

Pengalaman …

Kepribadian …

Jaringan teman/alumni….

Interaksi dengan Para professional…,

………………

sudah bagus?

 

 

Kelemahan Anda

Kekurangan saya,  perbaiki…

 

Apa:

Pengalaman….

IPK rendah ….

Lemah keterampilan teknis…, (bicara.., kepemimpinan,..tim kerja..),

Lemah pengetahuan konseptual …

Kepribadian jelek…

Job hunting tidak serius..

 

 

PERBAIKI….!!!

Dimana Saya kerja

(Eksternal)

Kesempatan dalam karir anda

 

Cara karir saya dan peran dikembangkan masa depan…………………

 

Pertumbuhan pembangunan di daerah,

Perkembangan teknik,

Demografi…

Jaringan kerja kuat….

 

 

Tantangan dalam karir anda

 

Perubahan :

Keterbatasan kebutuhan keahlian Anda di Pasar..,

Kompetitor banyak…

Pelatihan kurang …

Kelemahan dalam pengalaman….

Perusahaan/lembaga kurang tumbuh/kembang….

 

 

 

 

 

Dr. Wakhinuddin S,   FT –  UNP:  08159544229;  wakhid_nuddin@yahoo.com; atau  wakhinuddin.wordpress.com

 

19 Komentar so far
Tinggalkan komentar

ngapain lagi

Komentar oleh Zul Azmi Sibuea

Setiap individu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu evaluasi diri sangatlah penting. Dengan adanya evaluasi diri perencanaan karir kita untuk kedepannya akan lebih bagus. Menurut saya orang yang paling dekat dan mengetahui siapa kita, kelebihan dan kekurangan kita adalah orang tua kita sendiri.

Komentar oleh ZULPENDRI/69922

menurut saya tampilan blog ini bagus, mudah dimengerti dan dapat menambah wawasan saya tentang pendidikan.

tetepi akan lebih baik kalau blog ini di isi lebih banyak artikel lagi.

terimakasih.

Komentar oleh Doni Eka Putra

saya sangat setujuh sekali dengan diadakan ujian tekhuom karena saya bisah mencari jawabannya lewat internet maupun mencari buku pustaka dan pemikiran saya.kalau pada saat ini ujian lewat internet sangat tidak pas karena sering kali mati lampu.trmksh

Komentar oleh Dodi Kurnia

apa saya sudah siap? saya begitu belum siap karena saya masih banyak belajar untuk mencapai sukses modal utama saya harus mengalih ilmu dimana pun saya berada,berdoa dan belajar dengan kekurangan yang kita miliki

Komentar oleh Dodi Kurnia

Pendidikan Keahlian ? pendidikan keahlian otomotif saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan sekolah smk karena pendidikan otomotif hanya dua universitas yang memiliki yaitu universitas negeri padang dan unversitas jokjakarta.maka lowongan kerja sangat besar sekali.

Komentar oleh Dodi Kurnia

mengetahui kelebihan dan kekurangan kita adalah cara
terbaik untuk mendapatkan hasil yang baik

Komentar oleh junaidi

seseorang yang akan menjadi pemimpin di perusahaan harus bisah memimpin diri sendiri dan keluarga sendiri sebelum menjadi pemimpin di suatu lembaga.

Komentar oleh Dodi Kurnia

menurut saya blog ini bagus,kalau bisa di tambah lagi dengan materi tentang bimbingan karir. setiap orang sangat membutuhkan bantuan orang lain apalagi dalam pengembangan dan bimbingan karir.

Komentar oleh kendro septiano/66608

Siapa saya, darimana saya datang, kemana saya akan pergi, apa yang telah saya perbuat untuk siapa, bagaimana orang lain menanggapi apa yang telah saya buat, adalah rangkaian evaluasi diri yang selalu menyertai kita, pada setiap kesempa-tan.
Bila dilakukan dalam kerangka evaluasi diri dikaitkan dengan tujuan organisasi kita sebut evaluasi SWOT. Bila kita melakukannya dengan tafakur dikeheningan setelah shalat malam kita menyebutnya Konsentrasi, Dzikir, dan bila dikaitkan dengan mau apa dan mau kemana kita dihari-hari mendatang,disebut Bermunajat.
Pemimpin perusahaan adalah mereka yamg mampu memimpin dirinya sendiri, dikefanaan dunia ini dan dihadapan Sang Khalik. Semoga kita semua terkandung dalam keadaan sehat wal’afiat , wassalam
zul azmi sibuea

Komentar oleh Zul Azmi Sibuea

Analisa SWOT berorientasi pada masa depan dalam menemukan strategi yang efektif.

Komentar oleh Riki Firmadi (80598/06)

Yaaa, untuk mengeyahui potensi dan apa yang mau dilakukan segera…

Komentar oleh wakhinuddin

memang benar sekali, Analisis swot sangat berguna bagi orang yang ingin memulai sebuah karier dan masih bingung dibidang apa sebenarnya ia cocok bekerja serta tantangan apa yang kira-kira akan dihadapi dalam dunia kerja? tidak hanya dalam berkerja, sebaiknya dalam setiap hal sebelum melakukan sesuatu kita harus membuat suatu rencana agar tujuan yang ingin kita capai dapat terlaksana dengan baik

Komentar oleh Fenny Chrisni Akim/80620/pend.teknik elektronika

Okay, Fenny…

Komentar oleh wakhinuddin

terimakasih untu artikel yang bermanfaat ini.. ^^
keep posting

Komentar oleh enikusuma

Untuk mengetahui posisi, kelebihan dan kelemahan kita gunakan analisis SWOT

Komentar oleh wakhinuddin

Okay Boss, setuju

Komentar oleh wakhinuddin

Yaaaa. benar..

Komentar oleh wakhinuddin

Yaa, untuk evaluasi diri kita

Komentar oleh wakhinuddin




Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

